Poros Baru Koalisi Nasdem

Kamis, 23 Juni 2022 - 17:32 WIB

Jakarta - Partai Nasdem bagai menjadi magnet untuk membangun koalisi poros baru. Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono kembali menemui Ketua Partai Nasdem Surya Paloh untuk ketiga kalinya. Sehari sebelumnya Presiden dan jajaran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan sepakat untuk menjalin kerjasama dengan Nasdem.

Pertemuan Partai Demokrat dengan Partai Nasdem yang semakin intens membuat koalisi yang akan dibangun akan segera terwujud. Partai Nasdem yang telah mengumumkannya tiga nama bakal Calon Presiden yang diusung dalam pesta demokrasi 2024, seakan menjadi magnet bagi partai lain.

Pengamat politik Adi Prayitno menyatakan kemungkinan koalisi akan terjadi. Hanya saja saat ini partai yang akan mendekat ke Nasdem harus memiliki kesamaan Capres yang diusung pada 2024.

Sebelumnya Partai Nasdem dan PKS sepakat menjalin kerjasama dalam persiapan Pilpres 2024 mendatang. Pucuk pimpinan kedua partai mengakui Ada kesamaan pandangan dan pikiran antara Nasdem dan PKS untuk berkolaborasi dalam pesta demokrasi mendatang.

Dalam keputusan Rakernas Partai Nasdem mengumumkan akan mengusung tiga nama bakal Calon Presiden, Mereka adalah gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Meskipun sudah menentukan figur, tetapi partai besutan Surya Paloh ini membutuhkan poros koalisi agar memenuhi minimum presidential threshold 20%.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral