Takut Merugi, Peternak Jual Murah Sapi

Senin, 27 Juni 2022 - 16:03 WIB

Pati, Jawa Tengah - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) semakin menyebar di Pati, Jawa Tengah. akibatnya para peternak pasrah menjual murah sapi dari Rp30 juta menjadi hanya Rp 5 juta saja.

Wabah PMK memicu kepanikan di kalangan peternak sapi. Di Kabupaten Pati, Jawa Tengah sekitar 90% dari 200 lebih sapi milik warga disini terjangkit wabah PMK. Meski merugi, para peternak terpaksa menjual murah sapi mereka. Peternak khawatir sapi mati karena PMK sehingga mengalami kerugian lebih besar lagi.

Memastikan wabah Pemkab tidak menyebar lebih luas, Dinas Peternakan dan Pertanian memantau ketat pergerakan sapi lintas daerah khususnya yang akan dijadikan pasokan ternak kurban. Petugas memeriksa ketat setiap sapi yang akan dibawa keluar darah tidak hanya terhadap penyakit PMK, tapi juga penyakit ternak lainnya.

Sapi kurban yang lolos pemeriksaan tes darah dan PMK diberikan Surat Keterangan Sehat dari petugas. Masyarakat diimbau hanya membeli sapi yang telah mendapatkan Surat Keterangan Sehat terutama sapi untuk kurban di Hari Raya Iduladha nanti.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:00
02:28
03:46
00:53
01:49
01:23
Viral