Hasil Obrolan di Meja Putih, Putin Tawarkan Proyek Nuklir ke Jokowi

Senin, 4 Juli 2022 - 13:12 WIB

Moskow, Rusia - Isu proyek nuklir mencuat dalam pertemuan presiden Joko Widodo dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Di depan Jokowi, Vladimir Putin menyatakan minatnya untuk membantu mengembangkan teknologi nuklir di Indonesia. Jokowi pun langsung merespon tawaran kerjasama dari Moskow.

Isu tenaga nuklir kini menjadi sorotan di tanah air pasca-pertemuan presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin di istana Kremlin. Putin menyatakan telah banyak perusahaan Rusia yang beroperasi di Indonesia. Putin sekaligus menyatakan minatnya untuk pengembangan industri tenaga nuklir di Indonesia. Salah satunya melibatkan perusahaan Rusia Rosatom .

Menurut Pakar Nuklir UGM, Yudi Utomo Imardjoko, keuntungan nuklir untuk Indonesia salah satunya adalah nuklir tidak mengeluarkan emisi Co2. Nuklir merupakan salah satu pilihan signifikan yang dapat menghilangkan Co2 dari pembangkit listrik yang sekarang masih menjadi masalah di Indonesia.

Selain soal nuklir Vladimir Putin juga menawarkan kerjasama pengembangan infrastruktur transportasi dan logistik antara lain perusahaan kereta api Rusia bisa terlibat dalam proyek raksasa pemindahan ibukota negara.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral