Tradisi Mudik di Bangladesh, Warga Sesaki Kereta dan Kapal Feri

Minggu, 10 Juli 2022 - 00:37 WIB

Bangladesh - Tradisi mudik Iduladha juga dimiliki oleh warga muslim yang ada di Bangladesh. Setelah tertunda akibat pandemi Covid-19, warga kembali rela berdesakan di kereta api dan kapal feri demi bisa pulang ke kampung halaman.

Pemandangan ekstrim terlihat di stasiun Dhaka, Bangladesh. Satu rangkaian kereta api dipenuhi oleh lautan manusia. Para penumpang bahkan sampai memenuhi bagian atap dari gerbong-gerbong kereta.

Ratusan ribu warga muslim Bangladesh kembali melakukan perjalanan tradisi mudik Iduladha. Orang-orang dari ibukota Dhaka berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan Iduladha bersama keluarga besar.

Kondisi hampir serupa tidak hanya terjadi pada moda kereta api . Transportasi penyeberangan air seperti kapal feri juga dipadati oleh manusia. 

Warga yang melakukan perjalanan mudik mengatakan mereka tidak memiliki pilihan transportasi lainnya. Mereka juga merasa sudah terbiasa berdesak-desakan demi bisa merayakan hari raya kurban bersama keluarga besar di kampung halaman.

Tradisi mudik ke kampung halaman sempat terhenti dua tahun akibat pandemi Covid-19. Penundaan tersebut membuat tahun ini warga merasakan kerinduan yang seolah makin tidak tertahan.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral