Jokowi Berikan Sapi Kurban Berbobot 1 Ton ke Warga

Minggu, 10 Juli 2022 - 09:36 WIB

Sleman, Yogyakarta - Presiden Joko Widodo menyumbang bantuan hewan kurban untuk warga di sejumlah daerah. Di antaranya hewan kurban tersebut berupa satu ekor sapi dengan berat lebih dari satu ton seharga Rp120 juta.

Sapi kurban sumbangan Presiden Joko Widodo untuk warga Randusari, Argomulyo, Cangkringan di lereng Gunung Merapi Sleman, Yogyakarta sapi berwarna hitam itu memiliki berat 1,07 ton dengan jenis Australian Brangus.

Sapi berukuran jumbo ini dibeli dari seorang peternak di Bantul dengan harga Rp120 juta. Sebelum diserahkan, sapi sudah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sapi sumbangan Presiden Jokowi ini rencananya akan disembelih pada hari ini Minggu (10/7/2022) seusai shalat Ied di Masjid Al-Fatah dusun setempat. Dagingnya kemudian akan dibagikan kepada seluruh warga yang berjumlah sekitar 250 kepala keluarga.

Diangkut dengan menggunakan truk sapi kurban untuk hari raya Idul Adha sumbangan dari Presiden RI Joko Widodo Sabtu tiba di Masjid Nasional Al-akbar Surabaya. Sapi jenis simmetal ini merupakan juara 1 kontes sapi di Jember.

Sapi berbobot 1,2 ton dengan umur dua tahun ini dibeli dari peternak asal Probolinggo. Rencananya sapi sumbangan Presiden akan disembelih pada hari plus satu Idul Adha atau pada hari Senin (11/7/2022) mendatang.

Di Palembang, Sumatera Selatan sumbangan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo juga telah tiba di Masjid Agung Palembang. Sapi sumbangan dari Presiden ini berjenis limosin simental dengan bobot lebih dari satu ton.

Selain dari Presiden Joko Widodo, Masjid Agung juga menerima bantuan kurban dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan sejumlah perusahaan besar.

Menurut panitia kurban, sapi-sapi ini akan disembelih usai pelaksanaan shalat Ied pada Minggu (10/7/2022) pagi ini. Sebanyak lima ribu kupon kurban juga telah disiapkan untuk dibagikan kepada masyarakat.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral