Empat Desa di Kab. Seram Bagian Timur Diterjang Banjir Rob

Minggu, 17 Juli 2022 - 12:42 WIB

Serang Bagian Timur, Maluku - Empat desa di Kabupaten Serang Bagian Timur, Maluku diterjang banjir rob. Sementara itu, hari kedua pasca banjir yang melanda kawasan Garut, Jawa Barat pengungsi korban banjir mulai terserang penyakit.

Puluhan rumah rusak dan tanggul penahan ombak jebol akibat hantaman gelombang tinggi disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Seram Bagian Timur dalam sepekan terakhir. Dampak terparah terjadi di empat desa. Ratusan rumah warga terendam banjir rob setinggi 50 cm.

Sebagian warga yang berada di pesisir pantai memilih mengungsi ke rumah kerabat mereka. Hingga saat ini gelombang setinggi dua hingga empat meter masih terus menerjang pesisir Pantai Seram Bagian Timur, Maluku. warga yang berada di pesisir pantai diminta Waspada.

Sementara itu, pengungsi korban banjir di Garut, Jawa Barat masih dipusatkan di Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota.

Warga emosi mulai terserang penyakit seperti batuk dan meriang. Sementara kebutuhan pengungsi bayi dan balita masih sangat terbatas. Dapur darurat juga disiagakan di lokasi bencana untuk memenuhi kebutuhan makan warga yang mengungsi.

Hingga kini warga berupaya mencari sisa barang-barang milik mereka yang masih dapat diselamatkan. Rumah-rumah yang terdampak masih dibiarkan karena sulitnya akses menuju lokasi akibat sisa material banjir.

Pemerintah daerah Garut telah menetapkan masa tanggap bencana selama 14 hari dengan jumlah cakupan 13 kecamatan yang terdampak bencana.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral