Pakaian Adat Presiden Jokowi di Sidang Tahunan Jadi Sorotan

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:28 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo selalu menjadi sorotan publik karena kerap mengenakan baju adat yang berbeda-beda setiap peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun ini kepala negara memilih baju adat dari provinsi Bangka-Belitung untuk menghadiri sidang tahunan MPR.

Presiden Joko Widodo kembali bedakan pakaian adat satu hadiri sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan dalam rangka peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada tahun ini Joko Widodo memilih mengenakan pakaian Paksian asal Provinsi Bangka Belitung yang didominasi warna hijau pada bagian atas. Kepala Negara pun terlihat memakai jubah dan selempang bermotif pucuk rebung yang melambangkan kerukunan. Untuk bagian bawahan, Presiden memakai kain tenun cual berwarna senada.

Jokowi juga terlihat memakai aksesoris mahkota khas pakaian adat Bangka Belitung. Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo terlihat bedakan kebaya berwarna merah muda.

Berbusana adat memang menjadi salah satu ciri Presiden Joko Widodo saat menghadiri sejumlah acara kenegaraan. Pakaian adat yang dikenakan Presiden tidak jarang menjadi perbincangan hangat oleh masyarakat karena keunikannya.

Tak hanya Presiden, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga kompak hadir dengan mengenakan baju tradisional. Dalam sidang tahunan MPR kali ini Ma'ruf mengenakan pakaian khas Keraton Surakarta dan Ibu Wury mengenakan pakaian nasional kebaya berwarna hijau.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral