Gelar Aksi Protes, Ratusan Warga Blokade Kebun Sawit

Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:26 WIB

Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah - Ratusan warga transmigrasi di Desa Jatiwaringin Tualan Hulu, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menutup jalan menuju areal kebun sawit. Mereka tidak terima dikeluarkan dari keanggotaan koperasi yang menaungi kebun sawit itu.

Warga menutup jalan dan mengusir pekerja yang tengah memanen buah sawit di perkebunan Desa Jatiwaringin Tualan Hulu, Kotawaringin Timur. Aksi ini sebagai bentuk protes atas kebijakan pihak koperasi pengelola perkebunan sawit yang sejak dua tahun lalu menghentikan mereka dari keanggotaan koperasi tanpa alasan yang jelas.

Selama ini sudah banyak upaya warga untuk menuntut hak mereka mulai dari membuat laporan ke pihak desa hingga pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Namun belum ada hasil padahal merekalah yang mendirikan koperasi tersebut. Bahkan dasar dari pendirian koperasi buat semuanya adalah surat tanah milik warga yang diberhentikan dari keanggotaan koperasi.

Sementara pihak pengurus koperasi enggan menjelaskan alasan pemberhentian keanggotaan ratusan warga Desa Jatiwaringin tersebut. Kini akibat dikeluarkannya mereka dari keanggotaan koperasi, warga kehilangan penghasilan Rp6 juta perbulan.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral