Memperingati HUT RI Ke-77, Ratusan Warga Melakukan Kirab Bendera Merah Putih

Selasa, 16 Agustus 2022 - 17:30 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan - Memperingati hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia warga di Makassar mengibarkan bendera di dasar laut perairan Pangkep. Sementara di Jeneponto, warga melakukan kirab bendera sepanjang 77 meter mengelilingi desa.

Puluhan penyelam dari Gusung talasa Community yang terdiri dari para akademisi, politisi, mahasiswa, dan anggota TNI-Polri menggelar upacara bendera merah putih di Kepulauan Panambungan, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Sebanyak 25 peserta mengikuti upacara di bawah laut. 17 peserta upacara dan 8 penyelam yang bertindak sebagai petugas upacara. Sementara 45 peserta lainnya menggelar upacara dengan berenang menggunakan snorkeling di atas penyelam.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut dilakukan sebagai wujud rasa cinta terhadap Tanah Air dan wujud kecintaan terhadap lingkungan terutama laut sebagai alat pemersatu Indonesia sebagai negara kepulauan.

Di Jeneponto Sulawesi Selatan, ratusan warga Desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia membentangkan dan melakukan kirab bendera merah putih sepanjang 77 meter, sebagai pertanda dimulainya rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kirab ini diawali dari kantor desa setempat kemudian mengelilingi desa dan berakhir di atas puncak Agrowisata Bonto Lojong dengan menempuh jarak sejauh 8 kilometer. Kirab bendera Merah Putih mengelilingi desa ini bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan warga dan generasi muda di Desa Ujung B.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral