Latihan Militer Gabungan Skala Besar

Sabtu, 3 September 2022 - 00:09 WIB

Rusia - Rusia menggelar latihan militer gabungan skala besar dengan beberapa negara yang dimulai Kamis (1/9/2022) waktu setempat. Latihan akan dilakukan di tujuh lokasi di wilayah timur Rusia dan laut Jepang.

Latihan militer gabungan skala besar digelar hingga tanggal 7 September 2022 mendatang. Negara-negara pecahan Uni Soviet, China, India, Laos, Mongolia Nikaragua, dan Suriah turut berpartisipasi dalam latihan ini.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan Latihan Militer Vostok 2022 akan bertempat di 7 lokasi di wilayah timur jauh Rusia dan laut Jepang. latihan melibatkan lebih dari 50.000 personil, lebih dari 5.000 unit senjata, termasuk 140 pesawat tempur serta 60 kapal perang.

Kepala staf gabungan Jenderal Rusia Jenderal Valery Gerasimov secara langsung akan menguasai latihan ini. 

Dalam latihan ini angkatan laut Rusia dan Cina mengagendakan latihan bersama di laut Jepang untuk melindungi komunikasi lautan, aktivitas ekonomi kelautan, serta mendukung pasukan darat di wilayah pesisir.

Bagi Rusia latihan gabungan ini menunjukkan kesolidan dan meningkatkan kerjasama pertahanan antara negara partisipan terutama antara Cina dan Rusia di tengah sanksi Amerika Serikat.

Cina secara tegas menolak mengkritisi invasi Rusia di Ukraina, dan justru menyebutkan Amerika Serikat dan NATO telah memprovokasi Rusia serta mengutuk saksi-sanksi terhadap Rusia.

Selain itu dalam latihan ini Rusia juga ingin memamerkan besarnya kekuatan militer mereka meski personil militernya Tengah berperang di Ukraina.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral