Perjalanan Raja Charles III yang Cukup Kontroversial

Minggu, 11 September 2022 - 13:23 WIB

London, Inggris - Tahta dari pemimpin Inggris Ratu Elizabeth II yang meninggal pada usia 96 tahun tersebut kini diberikan kepada Pangeran Charles. Ia adalah pewaris tahta utama Kerajaan Inggris.

Sebagai anak tertua dari empat bersaudara, Pangeran Charles telah menunggu lebih dari 70 tahun untuk menjadi Raja. Charles menjadi raja di usia yang tidak lagi muda yaitu 73 tahun.

Perjalanan Pangeran Charles untuk menjadi raja panjang dan rumit. Sejak kecil ia dibesarkan di dalam istana bersama saudaranya yaitu Andrew dan Edward. Ia bersekolah di Gordonstoun School di Skotlandia sebelum akhirnya menempuh pendidikan tinggi di Universitas Cambridge.

Pangeran Charles berhasil menjadi raja Inggris pertama dengan gelar universitas di bidang Antropologi, Arkeolog, dan Sejarah. Memasuki usia 21 tahun Pangeran Charles secara resmi mendapatkan gelar The Duke of Cornwall  yang khusus diberikan pada pewaris tahta laki-laki.

Ratu Elizabeth pun menobatkan nya sebagai Pangeran Wales. Setelah menempuh pendidikan tinggi, Pangeran Charles bergabung dalam Angkatan Laut kerajaan dan menjabat sebagai perwira selama lima tahun.

Perjalanan Pangeran Charles Sebelum menjadi raja mengalami rintangan sejak Ia menikah dengan Lady Diana Spencer pada usia 32 tahun. Setelah upacara pernikahannya ditonton lebih dari 750 juta orang di dunia tersebut, Pangeran Charles dan Lady Diana memiliki dua orang Putra yaitu William dan Harry.

Namun pernikahan tersebut tidak berujung baik. Pada 1992 pasangan tersebut berpisah setelah Lady Diana mengungkap perselingkuhan Pangeran Charles dengan Camilla Parker-Bowles salah satu kekasih masa kecil sang pangeran.

Citra Pangeran Charles ternoda akibat perceraian yang secara resmi diumumkan pada 1996. kematian Lady Diana setahun setelah perceraian tersebut juga turut menambah panjang kontroversi Pangeran Charles kala itu.

Delapan tahun berselang Pangeran Charles akhirnya menikahi Camilla Parker-Bowles pada tahun 2005. Perbaikan reputasi terus dilakukan termasuk melalui kegemarannya terhadap lingkungan.

Pangeran Charles mensponsori beberapa asosiasi lingkungan. Meski begitu banyak pihak menilai Pangeran Charles merupakan sosok yang tidak populer dan eksentrik. Saat menjadi pangeran ia dituduh menerima Rp14 miliar dari keluarga Osama bin Laden yang terkenal sebagai pendiri jaringan teroris terbesar di dunia.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral