Reza Indragiri: Keterangan Susi akan Meruntuhkan Keterangan Saksi Lain!

Rabu, 9 November 2022 - 17:42 WIB

Jakarta - Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri mengatakan bahwa sejak awal, majelis hakim sampai pada kesimpulan bahwa Susi bukanlah saksi yang kredibel. 
 
“Karena dia (Susi -red) bukan saksi yang kredibel, maka keterangan atau informasi yang dia berikan dianggap tidak valid. Bahkan justru kontra produktif bagi proses persidangan secara keseluruhan,” tutur Reza Indragiri.
 
Namun, menurut Reza majelis hakim akan terus menghadirkan saksi Susi, karena majelis hakim menemukan manfaat dari kehadiran Susi.
 
“Ini menandakan apa? saya memperkirakan majelis hakim justru menemukan manfaat dari saksi Susi ini, karena tanpa harus menggali terlalu dalam, mengupas terlalu kritis, ternyata justru inilah yang akan bisa menggedor, meruntuhkan, atau berperan sebagai validator terhadap keterangan-keterangan yang diberikan oleh para saksi lainnya,” ucap Reza.
 
Menurut Reza, seolah saksi Susi inilah yang akan bisa meruntuhkan atau menyimpulkan bahwa ada keterangan yang valid ataupun keterangan tidak valid. 
 
“Dengan kata lain menghadirkan seorang saksi yang tidak kredibel justru tetap harus hadir di persidangan-persidangan berikutnya, ini memposisikan bersangkutan sebagai challenger atau sebagai validator,” kata Reza.
 
Sebelumnya Asisten Rumah Tangga, Susi kembali hadir dalam persidangan terdakwa Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal dalam persidangan yang digelar pada Rabu (9/11/2022).(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral