Pertamina Teken Kontrak Kerja Sama Green Energy di Forum B20

Senin, 14 November 2022 - 12:25 WIB

Nusa Dua, Bali - Pertamina menaikkan kontrak kerjasama di bidang Industri Green Energy dengan sejumlah perusahaan asing.

Kontrak kerjasama tersebut dilakukan pada Forum Bisnis of 20 atau B20 yang diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center pada Jumat (11/11/2022).

Pertamina Geothermal Energy (PGE) menandatangani perjanjian untuk engineering procurement construction and commissioning untuk konstruksi Field Collection and Reinjection System dan pembangkit listrik tenaga panas bumi lumut Balai Unit 2 di Sumatera Selatan.

Perjanjian kerjasama ini dilakukan (PGE) bersama Konsorsium Mitsubishi Corporation PT Wijaya Karya Persero Tbk serta dan SEPCO III Electric Power Construction Co. Ltd dalam perhelatan acara B20 Indonesia Net Zero Summit 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Menurut Direktur Utama PGE Ahmad Yuniarto, dengan perjanjian ini diharapkan akan terus membantu pengembangan PGE menjadi perusahaan energi hijau kelas dunia dengan kapasitas panas bumi yang terbesar hingga 727 MegaWatt.

Lingkup kontrak akan menjadi turnkey basis dimana Konsorsium Mitsubishi Corporation, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., dan SEPCO III Electric Power Construction Co. Ltd akan melaksanakan desain, manufaktur, konstruksi pekerjaan sipil, commissioning, pengujian kinerja dan garansi untuk fasilitas, yang terdiri dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi unit dan Sistem Pengumpulan dan Reinjeksi Fluida dengan kapasitas bersih pada terminal tegangan tinggi 55 MW.

Fasilitas tersebut dirancang untuk dapat beroperasi lebih dari 30 tahun dan akan dioperasikan dan dipelihara oleh PGE. 

Listrik yang dihasilkan dari  energi bersih, terbarukan dan ramah lingkungan tersebut akan disalurkan kepada PLN dan berpotensi menambah masyarakat yang terlistriki sekitar 55 ribu rumah tangga di Sumatera Selatan.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
02:08
01:01
19:40
00:44
02:52
Viral