3.600 Jiwa Terkena Dampak Bencana Banjir di Tangerang

Senin, 14 November 2022 - 15:53 WIB

Tangerang, Banten - Akibat intensitas curah hujan tinggi serta adanya air kiriman dari Pintu Air Batu Belah Bogor, 10 titik di kota Tangerang terendam banjir. Ketinggian air mulai dari 50 cm hingga 1,5 meter.

Tercatat ada 260 kepala keluarga yang terdampak, diantaranya di Kecamatan Cibodas, Kecamatan Periuk, serta Kecamatan Uwung Jaya. Akibat banjir ini, setidaknya 3.600 jiwa terpaksa mengungsi.

Selain itu Banjir juga memutus Jalan Raya Alamanda Periuk Kota Tangerang. Warga terpaksa menggunakan perahu karet dan petugas BPBD Kota Tangerang mengerahkan 5 buah perahu motor.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang, Banten, mengoperasikan sebanyak empat unit mesin pompa di wilayah Alamanda serta membuka pintu-pintu air di sejumlah bendungan untuk mempercepat surutnya air yang menggenangi wilayah Periuk. 

"Kita sudah aktifkan empat pompa dan lima pompa. Satu pompa panelnya masih terendam kalau sudah surut nanti bisa dioperasionalkan juga. Ditambah dengan pompa portable yang akan dioperasikan, di wilayah yang masih terendam," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat memantau banjir di wilayah Periuk, Senin (14/11/2022). 

Menurutnya, Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya maksimal dalam meminimalkan dampak dari banjir dan juga genangan yang diakibatkan oleh tingginya intensitas curah hujan dalam dua hari di wilayah Tangerang Raya. 

Wali Kota Arief menyampaikan beberapa titik yang pada hari Minggu (13/11/2022) banjir sudah mulai surut.

Dijelaskannya juga pihaknya juga terus melakukan pemompaan di beberapa titik yang banjir seperti di Jembatan Alamanda, Periuk.

Ia mengungkapkan tingginya intensitas hujan di sebagian wilayah Kota Tangerang dan juga wilayah Kabupaten Tangerang berdampak pada meningkatnya debit air yang masuk di Kali Sabi, Ledug dan Cirarab yang menjadi penampungan air. 

Hal ini semakin diperparah dengan banyaknya jumlah sampah yang menghambat laju air di pintu - pintu air.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral