Istilah Komunike Gelaran KTT G20 di Bali, Ini Penjelasannya

Selasa, 15 November 2022 - 18:10 WIB

Bali - Agenda puncak dalam KTT G20 disebut akan menghasilkan dan menyepakati komunike. Apa itu komunike?

Komunike berasal dari bahasa Prancis, communiqué, yang berarti sesuatu yang dikomunikasikan. 

Kata ini mulai digunakan sekitar tahun 1852, seperti dikutip dari laman kamus Merriam-Webster.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunike adalah pengumuman atau pemberitahuan resmi dari pemerintah (di surat kabar dan sebagainya), biasanya dikeluarkan sesudah selesai pertemuan diplomatik atau sesudah selesai kegiatan militer tertentu.

Dalam konteks KTT G20, komunike merupakan pernyataan bersama para anggota G20 yang berisikan komitmen bersama, pernyataan-pernyataan bersama, yang disampaikan kepada publik.

Kesepakatan ini biasanya terdiri dari isu-isu global terkini yang menjadi perhatian bersama dan merupakan hasil konsensus anggota forum G20.

Diberitakan sebelumnya, Menko Marves sekaligus Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan tak mempermasalahkan jika KTT G20 Bali tak menghasilkan komunike para pemimpin negara. 

Sebab menurut Luhut, KTT G20 Bali di tengah situasi dunia yang cukup rumit.

"Sebenarnya kalau kita lihat jujur, belum pernah saya kira G20 situasi dunia sekompleks ini. Kalau pada akhirnya tidak melahirkan komunike, leaders' communique, menurut saya, ya sudah, nggak apa-apa," kata Luhut saat jumpa pers yang ditayangkan YouTube Kemenko Marves, Sabtu (12/11/2022).(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral