Presiden Jokowi Hadiri KTT APEC di Thailand

Sabtu, 19 November 2022 - 09:31 WIB

Bangkok, Thailand - Usai KTT G20 Bali, para pemimpin negara-negara Forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik termasuk Indonesia bertemu dalam KTT APEC di Bangkok, Thailand.

Untuk pertama kali sejak 4 tahun lalu KTT APEC dilaksanakan secara tatap muka langsung.

Berbagai tantangan yang sedang dihadapi dunia, mulai dari kenaikan inflasi ketegangan geopolitik, perubahan iklim, serta pandemi Covid-19 yang berkepanjangan menjadi perhatian dalam KTT APEC di Bangkok, Thailand.

Seorang wanita melewati logo KTT APEC 2022 yang baru diluncurkan di sebuah department store di Bangkok, Thailand, Kamis (18/11/2021)/ANTARA

Presiden Joko Widodo menghadiri KTT APEC ini yang dipimpin Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dengan mengusung tema ‘Open, Connect, Balance’ atau ‘Terbuka, Terhubung, dan Seimbang’.

Presiden Jokowi mendorong perwujudan peta Jalan ketahanan pangan APEC menuju 2030.

Perdana menteri Thailand Prayut Chan-o-cha mengatakan perang Rusia Ukraina mengakibatkan harga pangan dan energi menjulang, memutus rantai pasokan, serta menghambat pemulihan Global dari pandemi.

Thailand mendesak para pemimpin APEC agar mengatasi perbedaan dan fokus pada penyelesaian masalah ekonomi global seperti inflasi dan perdagangan.

Thailand mengharapkan terbentuknya area perdagangan bebas Asia-Pasifik.

Forum APEC mencakup 38 persen dari jumlah penduduk global, 62 persen produk domestik bruto, serta 48 persen dari perdagangan global.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:22
01:41
28:24
01:29
03:20
01:09
Viral