MoU Kerja Sama Ekonomi Digital antara Indonesia dengan Tiongkok

Sabtu, 19 November 2022 - 13:04 WIB

Bali - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dan menyaksikan penandatanganan naskah kerjasama Indonesia dan Tiongkok dalam peningkatan kerjasama ekonomi digital.

Dalam rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Menko Perekonomian Airlangga Harto melakukan penandatanganan MoU kerjasama ekonomi digital dengan Menteri perdagangan Republik Rakyat Tiongkok Wang Wentao.

MoU tersebut mengatur adanya kerangka kerja dan forum dalam kerjasama ekonomi digital antara pemerintah Indonesia dengan RRT.

Dalam mendorong peningkatan kerjasama di bidang ekonomi digital, MoU tersebut akan mengembangkan kerjasama pertukaran informasi dan penelitian bersama di bidang ekonomi digital, pertukaran pengetahuan, keahlian dan praktek terbaik dari kedua negara di bidang strategi, kebijakan, regulasi, aturan, dan standar ekonomi digital serta fasilitas investasi dan meneliti untuk mengidentifikasi prioritas kerjasama investasi dalam ekonomi digital pada format dan model bisnis baru.

MoU kerjasama ekonomi digital tersebut merupakan salah satu delivers konkrit dari kerjasama sesama anggota KTT G20.

Cakupan kerjasama tidak hanya meliputi sektor pemerintah, tetapi juga pihak swasta kedua negara yang diharapkan dapat mendorong perkembangan ekonomi digital domestik masing-masing.

Adanya MoU tersebut diharapkan dapat mendorong Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok tumbuh bersama menjadi raksasa ekonomi digital dunia di masa depan.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral