Mengulik Makna Sejumlah Tradisi yang Dilakukan Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep - Erina Gudono

Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:09 WIB

Yogyakarta - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akan melepas masa lajangnya hari ini. Kaesang akan melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono siang ini.

Prosesi akad nikah akan dilangsungkan pada pukul 12.00 WIB, Sabtu (10/12/2022), di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman, DI Yogyakarta.

Rangkaian acara akad nikah akan dimulai Sabtu pagi, tepat pukul 10.00 WIB, dan proses akad nikahnya akan berlangsung pada Pukul 13.00 WIB.

Setelah menjalani ijab kabul, Kaesang akan bertemu dengan Erina dalam prosesi adat panggih pengantin atau prosesi mempertemukan mempelai pria dan wanita yang masing-masing dalam keadaan suci  sebagai pasangan suami istri menurut adat Jawa.

Nantinya, prosesi panggih diawali dengan penyerahan pisang sanggan kepada orang tua mempelai perempuan sebagai simbol tebusan atas putri mereka. 

Setelah itu, acara selanjutnya mereka akan berlanjut ke upacara balangan gantal alias lempar sirih.

Acara selanjutnya adalah mempelai akan melakukan upacara injak atau pecah telur dan ranupada atau prosesi membasuh kaki dengan air.
 
Kemudian kedua mempelai ke pelaminan untuk menjalani tradisi bubak kawah agar rumah tangga dijauhkan dari petaka dan diberi kemudahan serta keberkahan.
 
Lalu, ada prosesi kacar kucur atau tampa kaya sebagai simbol suami berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan nafkah kepada istri.
 
Setelah itu, Kaesang memberikan sesuap nasi kuning kepada Erina dalam acara adalah dulangan atau dhahar klimah. Acara tersebut merupakan simbol istri patuh pada suami. 

Terakhir akan dilakukan mapag besan atau upacara besan, yakni menjemput besan sebelum diakhiri dengan sungkeman atau pangabekten.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral