Begini Hasil Pemeriksaan Psikologi Kuat Ma'ruf, Psikolog Sampai Minta Maaf

Rabu, 21 Desember 2022 - 12:17 WIB

Jakarta - Ahli psikologi Rini Kusumowardhani dari Asosiasi Psikolog Forensik Indonesia (Apsifor) mengungkap hasil tes psikologi dari Richard Eliezer, Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal.

Menurut Rini, kecerdasan Richard Eliezer tergolong rata-rata kemudian potensi intelektual secara maksimal dan relatif baik.

“Tingkat kepatuhannya Richard tinggi terhadap figur otorita,” ujar Rini.

Mulanya, jaksa menanyakan kepada Reni soal hasil pemeriksaan psikologi forensik terhadap Kuat.

Reni pun membeberkan hasilnya di depan persidangan. Menurutnya, kecerdasan Kuat Ma’ruf berada di bawah rata-rata.

“Kuat Ma’ruf kecerdasannya tergolong di bawah rata-rata dari populasi seusianya. Saya harus menyampaikan ya, mohon maaf. Izin Pak Kuat,” ujar Rini pada Kuat Ma’ruf di persidangan di PN Jaksel pada Rabu (21/12/2022).

Sementara untuk Ricky Rizal, ahli mengatakan bahwa Ricky kecerdasannya baik dan tingkat kepatuhannya rata-rata sampai tinggi.

Ahli Psikologi Rini Kusumowardhani dihadirkan pada persidangan 5 terdakwa dalam kasus pembunuhan Brigadir J di PN Jakarta Selatan.

Reni pun kembali menjelaskan soal hasil pemeriksaan psikologi forensik.

Kuat dinilai lebih lambat dalam memahami informasi dan menyesuaikan diri dari tuntutan lingkungannya.

Dari penjabaran tersebut, Jaksa kemudian mempertanyakan apakah artinya Kuat dapat menerima informasi apabila disampaikan oleh orang-orang terdekat yang bekerja sehari-hari dengannya, atau tidak. 

"Artinya pada saat menerima informasi, tadi kan Ibu bilang kecerdasan di bawah rata-rata, namun pada saat menerima informasi dari orang-orang yang memang sudah berhubungan setiap hari, apakah prosesnya akan lama menyaring informasi itu atau sudah langsung paham?" tanya jaksa.

"Belum tentu langsung paham tetapi mengandalkan kepada kebiasaan pola-pola kebiasaan yang dia pahami dan kemudian mengandalkan value, atau nilai moral yang dimiliki. Jadi ini pemahaman moralnya baik," jawab Reni.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
02:56
03:32
02:20
01:02
12:54
Viral