Catatan Akhir Tahun 2022: Sukacita, Duka, Hingga Fenomena Unik

Sabtu, 31 Desember 2022 - 09:12 WIB

JAkarta - Banyak peristiwa mengejutkan yang terjadi sepanjang Tahun 2022. Ada sukacita ada pula berita duka cita. 

Publik dikejutkan dengan kepergian sejumlah tokoh yang dikenal luas di masyarakat sementara itu ada pula sejumlah fenomena yang menjadi viral di media sosial serta menyita perhatian publik.

Tahun 2022 begitu banyak fenomena yang menjadi buah bibir alias viral yang bermula di media sosial.

Di awal tahun fenomena boneka arwah atau spirit doll sempat menjadi trending. Sejumlah pesohor memamerkan boneka arwah yang mereka adopsi.

Tak cuma dikoleksi, boneka ini melakukan bak anak sendiri. Meski sempat menghebohkan fenomena adopsi boneka arwah tak berlangsung lama.

Masih di bulan perdana Tahun 2022, sosok Gozali pemuda asal Semarang mengejutkan publik. Foto-foto hasil swafotonya yang diunggah di platform jual beli NFT meraup Rp1,5 miliar.

Padahal sepintas tak ada yang istimewa dalam foto yang ia unggah setiap hari selama bertahun-tahun. Namun nyatanya foto sederhana mendapat apresiasi di dunia maya. Ghozali pun menjadi milyuner dalam sekejap.

Satu fenomena yang paling diingat di Tahun 2022 adalah fenomena Citayam Fashion Week. 

Fenomena berawal dari kongkow-kongkow remaja tanggung asal Citayam, Depok, dan Bojong Gede di kawasan dekat Stasiun Sudirman Dukuh Atas.

Mereka datang dengan mengenakan kostum yang unik persis seperti fenomena Harajuku di Jepang.

Nama-nama Bonge, JJ, dan Roy menjadi selebriti dadakan. Fenomena ini berakhir usai dihentikan karena dianggap mengganggu ketertiban.

Sementara itu, ada yang berbeda pada Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Kepresidenan.

Suara merdu penyanyi cilik Farel Prayoga tak cuma membuat Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri ikut berdendang, tetapi juga ikut bergoyang mengikuti irama lagu Ojo Dibandingke.

Di bulan Oktober Jagat Maya dikejutkan dengan video asusila yang viral si kebaya merah. Video berdurasi 16 menit itu direkam oleh sepasang kekasih di sebuah hotel di Surabaya, Jawa Timur. 

Pelaku sengaja membuat rekaman itu untuk memenuhi pesanan dari platform media sosial. Usai menikmati kehangatan di hotel mewah, sejoli mesum itu harus meringkuk di dinginnya hotel prodeo.

Kabar gembira hadir di penghujung tahun putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep melepas masa lajangnya meminang Erina Sofia Gudono.

Rangkaian upacara adat akad nikah hingga resepsi mengundang perhatian masyarakat.

Tahun 2022 juga menyisakan duka cita mendalam atas kepergian sejumlah tokoh bangsa. Pada 16 Februari 2022 artis serba bisa Dorce Gamalama tutup usia. Dorce meninggal akibat terpapar Covid-19.

Berita duka pun datang dari keluarga besar ormas Islam Muhammadiyah. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafi'i Ma'arif meninggal dunia pada 27 Mei 2022.

Buya Syafi'i dikenal sebagai sosok yang bisa menyatukan semua kalangan dengan pemikiran yang terbuka dan diakui sebagai salah satu guru bangsa.

Melewati pertengahan tahun kabar duka datang dari Kabinet Kerja Indonesia Maju. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi birokrasi Cahyo Kumolo wafat pada 1 Juli 2022.

Masih di bulan yang sama mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia pada 8 Juli 2022. Abe tewas usai ditembak saat berpidato di Kota Nara Jepang.

Kabar kepergian Ratu Elizabeth 2 cukup mengejutkan dunia. Ratu Monarki Inggris terlama ini meninggal pada 8 September 2022 dan dimakamkan di pemakaman Winstor Inggris dengan upacara kenegaraan.

Masih di bulan yang sama Insan Pers Nasional kehilangan sosok ketua dewan pers Azyumardi Azra pada 18 September 2022.

Tokoh yang juga dikenal sebagai cendekiawan muslim ini wafat setelah sebelumnya sempat jatuh sakit dan mendapat perawatan di Malaysia.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral