Bukan Main! Korut Sambut Tahun Baru dengan Uji Coba Rudal

Senin, 2 Januari 2023 - 09:09 WIB

Korea Utara - Militer Korea Selatan melaporkan pada Minggu (1/1/2023) bahwa Korea Utara menembakan rudal balistik jarak pendek ke laut Jepang.

Melansir Yonhap, Kepala Staf Gabungan mengatakan bahwa rudal tersebut datang dari daerah Yongseong di Ibu Kota Pyongyang dan mendarat di Laut Timur, yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan semua misil menempuh jarak sekitar 350 kilometer, mencapai ketinggian maksimum 100 km sebelum jatuh ke perairan Laut Jepang di luar zona ekonomi eksklusif Jepang, yang membentang 200 mil laut (370 km) dari pantainya.

Tokyo pun memprotes keras peluncuran rudal Korut, yang mereka sebut sebagai serangkaian tindakan yang mengancam perdamaian dan keamanan Jepang, kawasan dan komunitas internasional.

Militer Korea Selatan juga mengutuk penembakan tiga rudal balistik jarak pendek. Rudal tersebut  ditembakkan dari daerah Chunghwa di provinsi Hwanghae Utara, lapor kantor berita Yonhap.

Komando Indo-Pasifik militer A.S. mengatakan peluncuran tersebut terus memiliki "dampak destabilisasi" di kawasan itu, menambahkan bahwa aliansi Washington dengan Seoul dan Tokyo "tetap kuat".(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral