Teka-Teki Siapa yang Ada di Telepon Hakim Wahyu pada Video yang Viral

Senin, 9 Januari 2023 - 10:42 WIB

Jakarta - Beredar sebuah video di media sosial TikTok mengenai percakapan Hakim Wahyu Iman Santoso mengenai putusan sidang terdakwa Ferdy Sambo. 

Juru Bicara (Jubir) Komisi Yudisial (KY) Miko Ginting mengatakan pihaknya bakal menelusuri kebenaran video tersebut.

"KY telusuri dulu kebenaran video itu," ujar Miko Ginting seusai dikonfirmasi. 

Dirinya menjelaskan selain menelusuri kebenaran video itu, pihaknya juga membuka laporan dari masyarakat.

Dia menegaskan pihaknya akan menelusuri terkait dugaan Hakim Wahyu membocorkan putusan sidang perkara pembunuhan berencana Brigadir J alias Yosua Hutabarat.  

"Apabila ada masyarakat yang mengetahui informasi terkait video itu, silakan sampaikan ke Komisi Yudisial," tegasnya. 

Sementara itu, Pejabat Humas Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan Djuyamto mengatakan ada pembingkaian (framing) soal kebocoran informasi vonis hukuman terdakwa pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo, dalam video Hakim Wahyu Iman Santoso.

"Di sana kan ada framing itu. Ada framing, ada narasi, bahwa ada membocorkan. Itu tidak benar, masih pemeriksaan kok. Putusan belum, tuntutan juga belum, apanya yang mau dibocorkan?" kata Djuyamto kepada wartawan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Jumat (6/1/2023). 

Djuyamto mengatakan bahwa ucapan Hakim Wahyu dalam video yang beredar di media sosial itu merupakan pernyataan normatif; karena perkara dengan Pasal 340 KUHP bisa saja dijatuhi pidana mati, pidana seumur hidup, sesuai dengan ketetapan undang-undang. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral