Dijawab UAS dan Sahabat Tentang Musibah Datang Karena Maksiat dan Dosa

Sabtu, 25 Maret 2023 - 17:30 WIB

Jakarta, tvOnenews,com - Maksiat banyak bentuknya, sesuatu bisa dikatakan maksiat saat seseorang berupaya untuk melakukan dosa atau larangan-larangan yang Allah SWT sangat benci. 

Adapun kita sebagai makhluk-Nya, saat mendapatkan musibah atau cobaan tak kala tersadar bahwa ini merupakan satu teguran atau dampak dari maksiat yang kita lakukan dimasa lampau. 

Namun, apakah dalam Islam membenarkan jika suatu musibah bisa datang lantaran maksiat dan dosa yang kita lakukan? 

Terkait hal tersebut, Ustaz Prof. H. Abdul Somad mengatakan, "jika kita melakukan perbuatan maksiat lalu ada hukumannya di dunia atau di akhirat saja? Maka, ada hukumannya di dunia. Apa hukumannya di dunia? Maka kita sebagai manusia yang tidak tau apa-apa melihat Al-Qur’an," ucapnya.   

Dalam Al-Qur’an dikatakan “takutlah kamu kepada azab yang tidak ditimpakan kepada yang zalim-zalim saja”. 

Ketika gempa bumi datang, erupsi, puting beliung, tsunami, gempa itu semua datang, dia tidak menimpa yang zalim-zalim yang jahat-jahat saja, yang baik-baik pun bisa terkena musibah yang sama. 

"Maka dalam hadits Nabi dikatakan, kalau perbuatan zina muncul merajalela dan riba dimana-mana mereka berarti sudah membiarkan, menghalalkan, mengundang datangnya azab Allah SWT. Itulah mengapa dalam Islam diajarkan namanya Nahi Mungkar,” tambah Ustaz H. Abdul Somad . 

Nahi munkar memiliki penjelasan yaitu melarang seseorang berbuat hal-hal yang buruk dan jahat. 

Allah Swt berfirman di dalam surat Ali Imran ayat 104 

وَلۡتَكُنۡ مِّنۡكُمۡ اُمَّةٌ يَّدۡعُوۡنَ اِلَى الۡخَيۡرِ وَيَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمُنۡكَرِ‌ؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُفۡلِحُوۡنَ

Artinya : Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral