Madinah Menyimpan Berbagai Sejarah Perjuangan Agama Islam

Minggu, 26 Maret 2023 - 09:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Selain Mekkah ada berbagai lokasi di Arab Saudi yang menjadi tujuan wisata. Salah satu kota bersejarah dalam Islam, Madinah, kaya dengan situs-situs sejarah.

Selain rumah Rasulullah SAW di Raudhah, ada pula rumah sahabat yang lain, di antaranya, salah satu kediaman Abu Bakar RA, Ali bin Abi Thalib dan istrinya, Fatimah binti Muhammad SAW, dan tempat tinggal Abdullah bin Umar RA.

Sebagai tanah suci tempat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam hijrah, Madinah juga memiliki berbagai lokasi yang menjadi saksi sejarah perjuangan Islam pada zaman Rasulullah.

Diantaranya adalah Masjid Al-Gamamah atau dikenal dengan masjid awan yang berada di kawasan Masjid Nabaiwi.

Disebut Masjid Awan karena dulunya terjadi musim kemarau yang sangat panjang sehingga para sahabat dan ini mengadu kepada Rasul Ya Rasulullah di masjid ini.

Rasulullah pun mengajak untuk para sahabat berdoa, dan pada saat berdoa belum dikabulkan.

Namun Rasulullah tidak ingin sahabatnya untuk putus asa sehingga terus berdoa, dan di sinilah Allah SWT melindungi para sahabat dengan adanya awan di atas mereka sehingga mereka ini tidak terlalu kepanasan.

Sementara di sekeliling yang tidak dilindungi oleh awan itu cuacanya cukup panas.

Selain Masjid Al-Gamamah, di kawasan Masjid Nabawi ini juga terdapat rumah para sahabat Rasulullah yakni Abu Bakar dan Ali Bin Abi Thalib.

Rumah-rumah tersebut kini menjadi monumen yang menarik untuk dikunjungi para jemaah yang bertandang ke kawasan Masjid Nabawi.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral