Dijawab UAS dan Sahabat Tentang Kiat Menjaga Keutuhan Rumah Tangga

Rabu, 29 Maret 2023 - 17:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pernikahan atau menjalani kehidupan rumah tangga bersama pasangan hidup menjadi salah satu ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

“Siapa yang menikah maka sungguh ia telah diberi setengahnya ibadah.” (HR. Abu Ya'la)

Dengan menjalankan kehidupan rumah tangga, sepasang manusia semakin belajar untuk semakin mengasihi, mengerti satu sama lain dan kompromi atas kekurangan yang dimiliki pasangannya. 

Namun sayang, tak semua kehidupan rumah tangga bisa berjalan dengan lancar dan harmonis. Terdapat beberapa alasan dan faktor yang menggiring manusia ke arah buruk yang sangat dibenci oleh Allah SWT dan agama yaitu perselingkuhan, pertengkaran dan perceraian. 

Terkait hal tersebut, Ustazah Yati Priyati menjelaskan bahwa dalam menjalankan kehidupan rumah tangga itu melalui proses naik turun atau step by step "kalau lelah duduk dulu di tangga yang kita pijak, lihat pemandangan ke bawah “Oh, saya sudah melalui tiga tahapan” minum rasa sejuk punya tenaga lagi lanjut perjalanan,” ungkapnya. 

Ustazah Yati Priyati mengatakan kunci pertama dalam pernikahan bisa terbangun secara kokoh yaitu kasih sayang. 

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang.” (QS. Ar-Ruum: 21)

Hal yang kedua yaitu kejujuran dan kepercayaan juga penting dalam menjalankan kehidupan rumah tangga. 

Terakhir kuncinya yaitu saling menerapi dalam kesabaran saat ujian datang melanda di kehidupan rumah tangga.

 الصَّبْرُ يُعِيْنُ عَلىَ كُلِّ عَمَلٍ

“Sabar itu akan membantu untuk melakukan segala amalan.” Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral