Dijawab UAS dan Sahabat Tentang Perilaku Anak Cerminan Orang Tua

Sabtu, 8 April 2023 - 17:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anak merupakan amanah yang dititipkan oleh Allah SWT melalui sepasang manusia yang saling mencintai. Segala tumbuh kembang dan jati diri yang terbentuk pada anak tentu sangat berpengaruh dari cara perilaku yang diberikan oleh kedua orang tuanya. 

Terkait hal tersebut, Ustadz Hilmi Firdausi menjelaskan bahwa setiap anak itu terlahir secara fitrah 

“Setiap anak yang lahir, dilahirkan di atas fitrah. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Majusi, atau Nasrani.” (HR. Bukhari Muslim)

Dalam artian, bahwa anak itu memang dilahirkannya Fitrah. Fitrah itu ‘islam’ jadi setiap anak itu terlahir dalam kondisi islam. 

"Tapi bapaknya lah ya, lingkungannya lah, dan orang tuanya lah yang menjadikan agamanya berubah. Bisa jadi nasrani, bisa jadi yahudi. Artinya juga apa? Bahwa seorang anak itu terlahir seperti kertas yang putih bersih. Makannya yang akan mengisi nanti itu adalah orang tua dan lingkungannya," ungkap Ustaz Hilmi Firdausi. 

"Bagaimana orang tuanya, bagaimana lingkungannya bagaimana orangtua bagaimana pula anaknya. Kalau orang tua mendidiknya dengan cara yang baik, orang tua mengajarkan salat, membaca Al-Qur’an, berakhlakul karimah, insya allah sang anak pun melakukan hal yang sama," tambah Ustaz Hilmi Firdausi. 

Pada umumnya, bagi sebagian besar orang tua itu adalah role model atau idola bagi anak-anaknya. Berikut selengkapnya. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral