Suasana Ramadhan di Lapas Tanjung Gusta Medan

Senin, 10 April 2023 - 11:03 WIB

Medan, tvOnenews.com - Momen bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang dinantikan oleh umat Islam tak terkecuali bagi warga binaan di rumah tahanan Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara.

Tim tvOne berkesempatan untuk melihat langsung momen sahur bersama di Rutan Kelas 1 Tanjung Gusta Medan.

Di luar bulan Ramadhan, warga binaan biasanya akan keluar dari sel sesuai dengan standar operasional pengamanan, yaitu pada pukul 08.00 WIB.

Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta atau biasa disebut Lapas Tanjung Gusta sendiri unit pelaksana teknis pemasayarakatan yang merupakan tempat untuk melakukan pembinaan dan pengamanan narapidana dan anak didik masyarakat.

Lembaga ini berdiri berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor : M.HH.-05.OT.01.01 Tahun 2011 Tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Kehakiman Nomor : M.01-PR.07.03 Tahun 198 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Pemasyarakatan agar dapat memberikan pelayanan pemasyarakatan secara maksimal.

Karena lembaga pemasyarakatan ini letaknya di kota Medan yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, sehingga lapas ini dinamakan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan.

Awalnya lembaga pemasyarakatan ini terletak di Jalan Listrik kota Medan, menempati bangunan bekas peninggalan pemerintahan Belanda dan dahulu lapas disebut dengan nama Penjara.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral