Keindahan Batik Mushaf Al Quran

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Solo, tvOnenews.com - Batik selama ini identik dengan fashion, namun di Kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah batik dijadikan media dakwah dalam bentuk mushaf Al Quran. 

Untaian ayat-ayat di atas kain terlihat indah saat dibubuhkan melalui proses membatik. 

Lembaran-lembaran kain diibaratkan kertas, sementara lelehan lilin diibaratkan tintanya. Melalui canting sebagai penanya, keindahan ayat-ayat Al-Quran pun ditulis. 

Menurut Muhammad Topan Wixaksono selaku manajer produksi Batik Mahkota, dibuatnya mushaf Al-Quran dalam seni batik sebagai media dakwah dalam upaya mensyiarkan Islam. 

Dari 30 juz yang terdiri 11 surat semuanya sudah selesai ditulis dan diproses menjadi lembaran-lembaran mushaf Al-Quran yang indah. 

Diketahui, proses penulisan dilakukan oleh 4 orang yang dimana dua diantaranya seorang tuna rungu dan merupakan pembatik profesional yang berpengalaman. 

Proses verifikasi penulisan juga telah dilakukan berlapis hingga semuanya sesuai dengan ketentuan penulisan yang baik dan benar. 

Lembaran mushaf yang telah selesai kini pun dipajang dengan rapi di galeri Batik Mahkota sesuai urutan ayatnya, sementara yang belum selesai masih disimpan dalam lipatan kain. (ayu) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral