Menilik Kisah Sejarah di Balik Berdirinya Masjid Si Pitung

Selasa, 19 Maret 2024 - 18:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Masjid Al Alam atau biasa dikenal sebagai Masjid Si Pitung jagoan asal Betawi merupakan masjid bersejarah bagi masyarakat Betawi yang terletak di daerah Marunda, Jakarta Utara.

Masjid Al-alam atau biasa dikenal sebagai Masjid  Si Pitung merupakan cagar budaya sejak tahun 1975.

Masjid ini memiliki berbagai kisah di kalangan masyarakat adat Betawi. Ada dua versi cerita tentang berdirinya Masjid Al Alam atau Masjid Si Pitung.

Pertama, masyarakat setempat bercerita masjid ini dibangun dalam satu malam oleh para wali.

Sementara cerita yang beredar lainnya menerangkan bahwa masjid ini dibangun oleh Fatahilah yang merupakan panglima dari pasukan gabungan Kesultanan Demak dan Cirebon saat merebut Sunda Kelapa dari tangan Portugis dan Kerajaan Pajajaran.

Menurut sejarah Masjid ini dibangun pada abad ke-17. Desain bangunan yang unik dan kokoh konon digunakan sebagai tempat pengintaian.

Memasuki abad ke-19 masjid Al Alam mulai dikenal sebagai masjid Si Pitung karena konon masjid ini sering digunakan oleh Si Pitung jagoan Betawi untuk beri'tikaf dan beristirahat serta bersembunyi dari kejaran tentara Belanda.

Sejak berdiri masjid ini telah melalui beberapa kali renovasi pada bangunan masjid. Namun beberapa arsitektur asli masih dipertahankan seperti pilar dan interior dalam masjid. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
01:55
02:13
05:10
03:07
02:26
Viral