Masjid Bersejarah Berusia Ratusan Tahun di Semarang

Selasa, 26 Maret 2024 - 14:03 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Jejak penyebaran agama Islam di Kabupaten Semarang masih bisa dijumpai di Masjid At Taqwa.

Selain sejumlah bangunan asli yang berusia ratusan tahun, terdapat juga Al-quran yang juga berusia ratusan tahun dan ditulis dengan tangan.

Masjid At Taqwa terletak di Desa Gogodalem Beringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sekilas dari luar tidak tampak sesuatu yang berbeda dengan masjid pada umumnya.

Namun saat masuk ke dalam masih terlihat jejak-jejak peninggalan sejarah penyebaran agama Islam di Kabupaten Semarang.

Masjid yang diperkirakan dibangun pada zaman Kerajaan Demak ini masih menyimpan sejumlah peninggalan bersejarah yang bisa menjadi bukti keberadaan Masjid At Taqwa pada masa lampau.

Salah satunya adalah masih dipertahankannya empat pilar kayu jati tua yang merupakan soko atau tiang penyangga berdirinya masjid.

Selain itu ada juga sebuah tangga yang dari awal berdirinya masjid sudah berada di tempatnya dan tidak pernah dipindahkan.

Tangga dari kayu jati yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun ini awalnya digunakan sebagai alat bagi muadzin naik ke atap untuk mengumandangkan azan di atap, sehingga dapat terdengar oleh umat.

Dari sejarahnya Masjid, At Taqwa dibangun pada zaman Kerajaan Demak. Hal ini terlihat dari sejumlah ornamen asli masjid yang bercorak Kerajaan Demak. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral