Prosesi Pemakaman Syekh Ali Jaber | religiOne tvOne

Kamis, 14 Januari 2021 - 18:07 WIB

Tangerang, Banten – Almarhum Syekh Ali Jaber dimakamkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Da’arul Qur’an, di Cipondoh, Tangerang, Banten. Kalimat tauhid, "laa ilaaha illallaah”—tiada tuhan selain Allah, mengiringi sepanjang prosesi pemakaman berlangsung.

Keluarga, kerabat dekat, serta masyarakat turut mengantarkan jenazah ulama kelahiran Madinah, Arab Saudi ini, ke peristirahatan terakhirnya.

Sebelum dikebumikan di Cipondoh, jenazah Almarhum Syekh Ali Jaber sempat disemayamkan selama dua jam di rumah duka kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, untuk dishalatkan oleh keluarga.

"Di sini  dishalatkan dulu oleh keluarga, karena harus terbatas selama pandemi. Beliau (Almarhum) disemayamkan di rumah duka lalu diberangkatkan ke pemakaman pukul 15.30 WIB, sekitar dua jam di rumah duka," kata Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan di rumah duka.

Pemberangkatan jenazah menuju pemakaman dikawal ketat tim kepolisian menggunakan motor maupun mobil patroli.

Sejumlah kerabat maupun anggota keluarga menemani perjalanan mobil jenazah menuju Tangerang dari rumah duka di Jalan Pemuda Kompleks Taman Berdikari Sentosa Blok I No. 5, RT 004 RW 09, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur.

Sementara itu sejumlah karangan bunga ungkapan duka cita dikirim dari berbagai instansi seperti kepolisian, Kementerian Hukum dan Keamanan (Kemenkumham), maupun personal.

Pendakwah Syekh Ali Jaber wafat di Rumah Sakit Yarsi, Jakarta saat sedang menjalani perawatan intensif tim medis.

Syekh Ali Jaber merupakan seorang ulama asal Madinah yang akhirnya memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada tahun 2012 lalu.

Ulama berusia 44 tahun ini mulai berdakwah di Indonesia sejak tahun 2008.

Dia berasal dari keluarga penceramah dan sudah menjadi hafidz Alquran 30 juz sejak berusia 10 tahun. Bahkan di umur 13 tahun beliau sudah diamanahi untuk menjadi Imam masjid di kota Madinah.

Dalam perjalanan dakwahnya, Syekh Ali menjadi ulama yang memiliki banyak pengikut  khususnya di Indonesia. Syekh Ali kerap mengisi program Damai Indonesiaku di tvOne sebagai pendakwah. Ia bahkan kerap berderma dengan anak anak penghafal Alquran yang kurang beruntung.

Di penghujung tahun 2020, perisitiwan penusukan terhadap Syekh Ali jaber saat berceramah di Lampung mengejutkan banyak pihak. Kala itu ia berhasil mengelak dan menepis pelaku penusukan dan terhindar dari cedera berat.

Setelah pulih dari penusukan, Syekh Ali justru kembali memberikan kabar mengejutkan bahwa dirinya terinfeksi covid-19 pada akhir Desember lalu.

Pada tanggal 31 Desember 2020, kondisi kesehatan Syekh Ali Jaber dikabarkan sempat kritis dengan menggunakan alat bantu pernapasan. Kemudian pada tanggal 4 Januari 2021, terkonfirmasi melalui akun youtube bahwa Syekh Ali Jaber kondisi nya kembali membaik.

Setelah menjalani proses perawatan selama 21 hari, Syekh Ali Jaber mengembuskan napas terakhirnya pada pukul 08:30 WIB di rumah sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. (act)

Lihat juga: MERINDING! KENANG SYEKH ALI JABER, AA GYM: DEMI ALLAH, BELIAU WAJAHNYA BERSIH DAN TERSENYUM

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral