Masjid Peninggalan Sunan Kudus Perpaduan Budaya Hindu Jawa

Kamis, 14 April 2022 - 19:27 WIB

Kabupaten Kudus, Jawa Tengah - Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah memiliki arsitektur unik. Bangunannya memiliki nuansa Islam dan Hindu. Masjid ini menjadi saksi sejarah penyebaran agama Islam di Pulau Jawa yang dilakukan oleh salah satu Wali Songo yakni Jafar Shodiq atau yang dikenal dengan Sunan Kudus.

Masjid Menara Kudus terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Konon Sunan Kudus membawa sebuah batu dari Baitul Maqdis di Palestina yang kemudian digunakan sebagai batu pertama pendirian masjid yang diberi nama Masjid Al-Aqsa.

Namun belakangan masjid ini populer dengan sebutan Masjid Menara Kudus merujuk pada menara setinggi 18 m di sisi masjid yang menyerupai candi dan memakai arsitektur Hindu Jawa.

Tak hanya itu, ornamen lainnya di masjid ini pun menunjukkan perpaduan budaya seperti gapura dengan corak Hindu dan juga Buddha yang ada di dalam masjid. Konon ini adalah cara Sunan Kudus berdakwah pada masyarakat yang saat itu masih menganut kepercayaan Hindu dan Buddha.

Masjid Menara Kudus tak pernah sepi pengunjung. Kompleks masjid ini juga terdapat makam Sunan Kudus yang kerap didatangi banyak peziarah dari berbagai kota. Sementara di malam hari Masjid Menara Kudus diramaikan jemaah yang melaksanakan salat tarawih berjamaah. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
01:55
02:13
05:10
03:07
02:26
Viral