Jika Belum Mampu Aqiqah Anak, Bagaimana Caranya? | Assalamualaikum Bunda

Senin, 17 Oktober 2022 - 14:30 WIB

Jakarta - Kehamilan merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah yang diberikan bagi seorang wanita setelah menikah. Dalam Islam, ibu hamil dan menyusui mendapat keistimewaan serta ganjaran pahala dari Allah sebab, proses mengandung yang dilalui seorang ibu tidaklah mudah. Seorang ibu bahkan harus bertarung dengan nyawa ketika melahirkan buah hatinya.

Salah satu cara untuk menyambut kelahiran buah hati adalah dengan melaksanakan aqiqah. Aqiqah merupakan bentuk rasa syukur agar kelahiran si kecil mendapat berkah.

Ada rangkaian Islam untuk menyambut kelahiran buah hati, yakni aqiqah. Sudah sebaiknya sebelum buah hati lahir, orang tua sudah mempersiapkan budget untuk aqiqah si kecil. Aqiqah dapat diartikan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas kelahiran bayi.

Pelaksanaan aqiqah memang seharusnya tidak lama setelah sang anak lahir, tetapi diakhirkan pun tidak apa-apa. Tidak ada batasan waktu penyembelihan aqiqah. Jika suatu keluarga belum memiliki biaya untuk melaksanakan aqiqah, maka tidak apa mengakhirkan pelaksanaan aqiqah hingga biayanya terkumpul.

Namun perlu diketahui, penyembelihan aqiqah dilakukan oleh orang tua anak tersebut, karena itu merupakan hak anak atas orang tuanya.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral