Kevin Sanjaya Dinyatakan Positif COVID-19 & Batal Ikuti Turnamen Internasional | Kabar Arena

Selasa, 5 Januari 2021 - 16:00 WIB

Jakarta - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memastikan seluruh anggota Skuat Merah Putih siap berlaga di tiga turnamen di Bangkok, Thailand, meski terjadi perubahan susunan pemain setelah Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan terpapar COVID-19. Timnas bulutangkis Indonesia bertolak ke Thailand menyewa pesawat guna menghindari penyebaran Covid-19.

Timnas Bulutangkis Indonesia Senin siang (4/1) bertolak ke Thailand untuk mengikuti tiga turnamen. Berbeda dengan keberangkatan turnamen sebelumnya yang menggunakan pesawat komersil, kali ini menyewa pesawat. Hal itu sengaja dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kami menyewa pesawat semata-mata demi menjaga kesehatan dan keselamatan pemain. Kalau berangkat dengan pesawat komersial biasa, kita khawatir pemain bisa tertular virus dari penumpang umum yang lain,” kata Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta dalam keterangan resminya.

Tim Indonesia  menuju Bangkok berkekuatan 40 orang. Mereka, terdiri dari pemain, pelatih teknik, pelatih fisik, dokter, terapis, dan masseur.

Sementara itu, Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky menjamin pemain lain yang diproyeksikan tampil ke tiga turnamen tersebut semuanya dalam kondisi sehat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji usap PCR kepada seluruh pemain dan tim pendukung yang berangkat ke Thailand.

“Kami berangkat ke Thailand dengan penuh optimisme dan semangat tinggi. Meski tiga turnamen tersebut bukan sebagai ajang kualifikasi yang memperebutkan poin menuju Olimpiade Tokyo, kami tetap menganggap begitu penting kejuaraan ini,” ujarnya.

Tiga turnamen yang bakal dijalani di Thailand yakni, Yonex Thailand Terbuka yang berlangsung pada 12-17 Januari dan Toyota Thailand Terbuka (19-24 Januari). Selain itu, bagi delapan pemain atau pasangan terbaik akan melanjutkan bertarung di Final BWF World Tour 2020 (27-31 Januari).

Sebelumnya, dalam tes usap kepada 40 orang yang terdiri atas pemain, pelatih teknik, pelatih fisik, dokter, terapis, dan masseur, yang dilakukan di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur pada 2 Januari, seluruhnya menunjukkan hasil negatif COVID-19.

Kevin Sanjaya Sukamuljo sendiri sejak pertengahan Desember lalu memang sudah dipisahkan dengan para pemain penghuni Pelatnas Cipayung, karena positif terinfeksi virus corona. Sementara Marcus Fernaldi Gideon, yang merupakan pasangan Kevin sebagai ganda putra nomor satu dunia sekaligus unggulan pertama ini pun terpaksa mundur dari seluruh rangkaian kejuaraan tersebut. (ito)

(Lihat Juga: Tenaga kesehatan ragukan efektivitas vaksin?)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral