Suasana lalu lintas ditengah kabut asap di Terowongan Nur Mentaya, Senin (14/8/2023).
Sumber :
  • tim tvone - Didi Syachwani

Tak Hanya Jakarta, Kota Sampit Juga Terdampak Udara Tak Sehat

Senin, 14 Agustus 2023 - 12:16 WIB

Kotawaringin Timur, tvOnenews.com - Polusi udara akhir-akhir ini jadi buah bibir warga Indonesia. Pasalnya, polusi udara tak hanya terjadi di DKI Jakarta saja, melainkan Kota Sampit, Kalimantan Tengah

Bahkan ironinya, polusi udara dan udar tak sehat itu sudah dua hari menghantam Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah. Hal ini berdasarkan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), tanggal 13 Agustus 2023.

"Kualitas udara di Kotim, khususnya di kota Sampit, sudah tidak sehat, warga kami himbau untuk memperhatikan hal ini," tegas Sekretaris BPBD Kotim, Arief, Senin (14/8/2023).

Memburuknya kualitas udara ini disebabkan makin maraknya terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kotim. Hampir setiap hari selalu ada lahan yang terbakar.

"Lokasi yang terbakar banyak yang sulit dijangkau serta minim sumber air. Kami tidak bisa melakukan pemadaman langsung 100 persen, dan mesti dilakukan pemadaman ulang keesokan harinya," terang Arief.

Sementara itu, sejak hari Minggu kemarin, hingga hari ini, Senin (14/8/2023), kabut asap mulai menyelimuti wilayah perkotaan, khususnya di pagi hari. Namun kabut asap tersebut akan menghilang saat matahari mulai terik.

Meski kabut asapnya hilang, tapi bau menyengat tercium hampir sepanjang hari. Selanjutnya menjelang dini hari, kabut asap tersebut perlahan turun kembali bersama embun pagi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
Viral