Banjir melanda pemukiman warga di Aceh Singkil..
Sumber :
  • Roni

Sebanyak 3 Kecamatan Terendam Banjir di Aceh Singkil

Senin, 16 Oktober 2023 - 14:20 WIB

Singkil, tvOnenews.com - Sebanyak 3 kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil terendam banjir akibat luapan 2 sungai besar, yaitu Sungai Lae Souraya dan Sungai Lae Cinendang, yang tak mampu menampung debit air pasca guyuran hujan deras yang kerap melanda wilayah ini selama 2 pekan terakhir.

Ketiga kecamatan tersebut adalah Kecamatan Gunung Meriah, Kecamatan Singkil, dan Kecamatan Simpang Kanan. Belasan desa di 3 kecamatan tersebut kini tergenang air dengan ketinggian yang bervariasi, mulai dari 1 hingga 2 meter dengan jumlah jiwa terdampak yang mencapai ribuan orang.

Tak hanya menggenangi rumah-rumah warga, badan jalan di beberapa desa juga ikut terendam, sehingga tak bisa dilalui kendaraan, selain itu banjir juga merendam areal-areal pertanian dan kolam-kolam ikan warga.

Sinta salah seorang warga mengaku, saat ini warga mulai kesulitan untuk mengakses air bersih dan kebutuhan pangan, sebab persediaan bahan makanan di rumah-rumah mereka juga ikut terendam hingga tak memungkinkan untuk dikonsumsi.

"Naiknya sedikit-sedikit, kendaraan tak bisa lewat, harapan kami supaya bisa diberi bantuan pemerintah,” kata Sinta.

Menurut Sinta, banjir ini adalah banjir rutin setiap musim penghujan tiba, sehingga warga meminta pemerintah untuk menormalisasi sungai-sungai yang rawan banjir atau meninggikan pemukiman agar banjir tak selalu melanda di setiap musim penghujan tiba. (ssg/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral