Selama Puasa dan Lebaran, Peredaran Uang Kartal di Kalbar Mencapai Rp2,6 Triliun.
Sumber :
  • istimewa

Selama Puasa dan Lebaran, Peredaran Uang Kartal di Kalbar Mencapai Rp2,6 Triliun

Sabtu, 27 April 2024 - 17:43 WIB

Pontianak, tvOnenews.com - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Kalbar Nur Asyura Anggini Sari menyebutkan bahwa peredaran uang kartal selama bulan puasa dan lebaran Idul Fitri 1445 H di Kalbar mencapai Rp2,6 triliun.

"Momen puasa dan lebaran memiliki andil besar dalam setahun terhadap peredaran uang yakni mencapai 25 persen. Untuk bulan puasa Ramadhan dan lebaran Idul Fitri 1445 H ini peredaran uang tunai itu di Kalbar mencapai Rp2,6 triliun," ujarnya di Pontianak, Sabtu (27/4/2024).

Sementara khusus untuk realisasi layanan penukaran uang terpadu dalam Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri Tahun 2024 (SERAMBI) oleh KPw BI Kalbar dan enam bank yakni BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, Bank Kalbar, dan Bank Mandiri Taspen itu sebesar Rp27,2 miliar atau naik 42 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Jika dilihat dari sisi jumlah warga yang melakukan penukaran itu mencapai 7.609 orang. Tempat penukaran sendiri di Halaman Masjid Raya Mujahidin, serta layanan penukaran mitra utama yakni Pemrov, Polda dan BNN," kata dia.

Dalam momen SERAMBI 2024 pihaknya memastikan ketersediaan dan pemenuhan kebutuhan uang kartal, layanan kas dan edukasi Rupiah.

Pihaknya juga melakukan pertemuan dengan 38 bank untuk menyusun proyeksi kebutuhan uang kartal dan merencanakan sinergi layanan penukaran uang di125 kantor bank umum dan kas keliling terpadu di Halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

"Kegiatan Edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah kepada masyarakat yang melakukan penukaran di seluruh jaringan kantor bank dan titik layanan kas keliling terpadu, dengan penekanan pada pesan bijak berbelanja kami hadirkan. Selain itu edukasi CBP Rupiah juga dilakukan ke para santri di tiga pondok pesantren," pungkasnya. (ant/aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral