Pesawat AMA bernomor registrasi PK-RCQ.
Sumber :
  • Tim tvOne/Hendi Indrajaya

Penampakan Pesawat AMA Rusak Parah Usai Mendarat Darurat di Keerom Papua, Pilot dan 6 Penumpang Selamat

Selasa, 28 Juni 2022 - 22:34 WIB

Jayapura, Papua – Pesawat AMA bernomor registrasi PK-RCQ dilaporkan mendarat darurat di wilayah Kampung Molof Distrik Senggi Kabupaten Keerom. Pesawat tersebut terpaksa mendarat darurat akibat cuaca buruk.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat dihubungi, pada Selasa (28/6/2022), memberikan penjelasan kejadian tersebut. 

Ia mengatakan pesawat AMA Jenis PK-RCQ yang dipiloti oleh Kapten Caesar terbang dari Bandara Udara Sentani menuju Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang dengan membawa 6 orang penumpang. Namun, saat melintas di area Distrik Senggi pesawat tersebut mengalami gangguan diduga akibat cuaca.

“Pesawat AMA berangkat dari Bandara Sentani menuju Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, namun sekitar pukul 13.00 WIT pesawat tersebut mendarat darurat di Kampung Molof Distrik Senggi, akibat cuaca buruk,” kata Kamal.

Ia menjelaskan, kejadian itu pertama diketahui pukul 13.00 Wit, ketika petugas bandar udara Senggi mendapat informasi may day (emergensi) melalui radio dari pesawat AMA/RCQ dengan Rute Sentani – Oksibil. Dimana Pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di Kampung Molof Distrik Senggi, akibat cuaca buruk.

Selanjutnya, pesawat putar balik ke arah Bandara Senggi, tetapi karena kekurangan BBM, pesawat mendarat darurat di Jalan KM 37 PT. Batasan Dharma Timber Kampung Molof.

Tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. Saat ini Pilot masih berada di Bandara Udara Senggi dan 6 orang penumpang sudah kembali ke Sentani menggunakan pesawat dari bandara Senggi. Sedangkan kondisi pesawat ringsek.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:45
07:17
01:11
05:51
01:35
02:53
Viral