Selebgram Aceh dipandu petugas BPOM.
Sumber :
  • Antara

BBPOM Deteksi Makanan Mengandung Boraks di 1.000 lebih Warung Kopi seluruh Aceh, Apa Hasilnya?

Sabtu, 6 Agustus 2022 - 04:15 WIB

Jakarta, tvOne

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Banda Aceh melakukan tes cepat untuk mendeteksi makanan mengandung bahan berbahaya boraks di 1.000 lebih warung kopi seluruh Aceh.

Kepala BBPOM Banda Aceh Yudi Noviandi di Banda Aceh, Jumat, mengatakan tes cepat tersebut dilakukan mengingat selama ini masih didapati warung kopi di Tanah Rencong itu yang menjual makanan mengandung boraks.

“Ada beberapa, namun tidak banyak warung kopi yang masih kita temukan produknya menggunakan bahan berbahaya,” kata Yudi saat sosialisasi program bernama Inovasi Sanger Ureung Aceh.

Ia menjelaskan ada empat bahan berbahaya pada makanan yang lazim digunakan masyarakat meliputi metani yellow, rodhamin B, formalin dan boraks.

Namun, hasil pengawasan di Aceh dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Aceh lebih spesifik pada penggunaan boraks, sedang tiga bahan berbahaya lain tersebut selalu negatif saat pengujian laboratorium.

“Jadi kami langsung intervensi uji cepat terhadap boraks saja, karena yang selama ini kita temukan hanya boraks,” kata Yudi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
02:13
Viral