Bupati Kotim Halikinnor bersama Wakil Bupati Irawati, saat melakukan panen raya hasil perkebunan buah warga..
Sumber :
  • Istimewa

Pemkab Kotim Akan Terus Tingkatkan Indeks Pertanaman

Rabu, 30 November 2022 - 12:20 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) terus berusaha menambah luas lahan atau meningkatkan indeks pertanaman di wilayah itu. Sebab sebagai komoditi strategis, padi menjadi prioritas utama yang terus harus dikembangkan terutama dalam masa pandemi Covid-19.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan komoditi padi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan baik sosial, ekonomi, budaya maupun politik.

"Oleh karena itu Pemkab Kotim membuka kesempatan sebesar-besarnya terhadap para peneliti, pengembang bidang pertanian atau investor untuk berinovasi dalam budidaya padi," ujarnya Rabu (30/11/2022).

Dikatakan Halikinnor pada musim tanam Oktober- Maret petani biasanya menanam varietas padi jenis siam epang. Dimana varietas padi tersebut merupakan varietas asli Kotim yang telah ditetapkan sebagai varietas unggul lokal nasional.

"Dengan sifatnya yang telah beradaptasi di lahan  di Kotim, verietas ini merupakan andalan petani salah satunya karena harga gabah kering panennya cukup stabil, bahkan terkadang harga itu lebih tinggi dibandingkan harga standar bulog," terangnya.

Dirinya meminta warga bersama-sama menganalisa lebih lanjut dengan Dinas Pertanian khususnya penyuluh pertanian. Sehingga petani akan memperoleh pengetahuan dan kesempatan untuk meningkatkan hasil produksi padinya menjadi lebih baik dan juga akan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Saya juga mengharapkan dukungan  kelompok tani untuk mensukseskan peningkatan indeks pertanaman. Dengan fasilitasi alsintan, permodalan dan ketekunan para petani," katanya.
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral