Tangkapan Layar.
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Heboh Aturan Wajib Berbusana Adat dan Larangan Pakai Jilbab di Bali, Benarkah?

Minggu, 12 Maret 2023 - 18:11 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Beredar sebuah cuplikan video tentang aturan wajib berbusana adat di Bali, dan sebuah tangkapan layar whatsapp story yang menuliskan aturan Depdiknas tentang larangan atribut keagamaan di sekolah negeri termasuk pelarangan jilbab. 

Dikutip dari web Kominfo, setelah ditelusuri lebih lanjut, faktanya berita larangan atribut berjilbab adalah kejadian di negara Prancis, bukan di negara Indonesia. Larangan berjilbab di sekolah memang pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia salah satunya di provinsi Bali tetapi aturan tersebut telah dihapuskan oleh kemendikbud RI.

Sebelumnya, anak sekolah di Bali wajib berbusana adat Bali di hari Kamis. 

Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) telah mengeluarkan aturan baru mengenai seragam yang dikenakan oleh siswa. Jika sebelumnya siswa hanya memakai seragam nasional dan seragam pramuka saat sekolah, kini baju adat juga jadi seragam siswa saat sekolah. Lantas, apa aturan baju adat jadi seragam sekolah? Begini penjelasannya.

Aturan mengenai penggunaan baju adat sebagai seragam sekolah ini tercantum dalam Peraturan Menteri Nomor 50 tahun 2022. Dalam aturan terbaru tersebut tertulis bahwa siswa dapat memakai baju adat pada acara adat atau hari tertentu. Aturan ini berlaku sejak 7 September 2022. (ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral