Suasana berdoa dan makan bersama tradisi Sedekah Orong warga Desa Tarusa, Sumbawa, NTB. .
Sumber :
  • Irwansyah

Jelang Ramadhan, Warga Sumbawa Gelar Tradisi Sedekah Orong

Rabu, 22 Maret 2023 - 17:05 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - Jelang bulan Ramadhan, warga Desa Tarusa, Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa, NTB, menggelar tradisi "Sedekah Orong".

Sedekah Orong merupakan tradisi masyarakat setempat berdzikir bersama, berdoa dan bersedekah usai menanam padi dan jelang bulan suci Ramadhan. Dalam acara itu disajikan panganan lokal yang menjadi konsumsi keseharian masyarakat.

Suasana hamonis dan gotong royong selama kegiatan "Sedekah Orong" terasa kental sekali. Warga berduyun-duyun mendatangi masjid  sambil membawa makanan lengkap dengan lauk pauk dan buah di dalam loyang dari rumah, untuk dinikmati bersama-sama.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, Rabu (22/03/2023) mengatakan, pentingnya merawat tradisi positif dan adat istiadat warisan leluhur. 

Dia juga mengapresiasi upaya warga  Desa Tarusa, yang masih melestarikan  kegiatan Sedekah Orong sebagai salah satu kearifan lokal setempat.

Menurutnya Sedekah Orong adalah momen berdoa bersama usai menanam padi agar memperoleh hasil melimpah. Kemudian ungkapan rasa syukur masyarakat terhadap Allah SWT karena diberi kesehatan bisa bertemu bulan suci Ramadhan.

"Doa bersama ini untuk rasa yukur atas seluruh keberkahan dan keselamatan yang dirasakan warga setempat selama ini, atas selesainya menanam padi dan juga momentum saling memperkuat tali silaturahmi antar warga," ujar A. Rafiq. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral