Bangkai Paus Seberat 2 Ton di Pantai Batu Lumbang, Tabanan Dikuburkan.
Sumber :
  • tim tvone - aris wiyanto

Bangkai Paus Seberat 2 Ton Terdampar di Pantai Batu Lumbang, Tabanan, Bali, Dikuburkan

Senin, 3 April 2023 - 13:36 WIB

Bali, tvOnenews.com - Seekor bangkai ikan paus diduga jenis Paus Bryde atau Paus Edeni yang ditemukan terdampar pada Sabtu (1/4) lalu sekitar pukul 15:30 WITA di Pesisir Pantai Batu Lumbang, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten  Tabanan, Bali, akhirnya dikuburkan tak jauh dari lokasi penemuan. 

Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Permana Yudiarso mengatakan, metode penguburan dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menentukan penanganan dengan melihat kondisi bangkai paus, serta lokasi yang berpasir dan landai.

"Tim dan beberapa instansi sepakat untuk menggunakan alat berat untuk membantu menguburkan paus terdampar tersebut. Dan dilakukan pengerukan lokasi penguburan dan menggiring bangkai paus ke daratan untuk menghindari air pasang. Penguburan bangkai akan mulai dilanjutkan hari ini, karena pertimbangan keamanan tim di lapangan," kata dia, Senin (3/4).

Ia juga menyebutkan, telah dilakukan pengambilan sampel untuk dilakukan uji DNA yang dilakukan oleh Yayasan Bali Bersih dan untuk penyebab kematian paus tersebut belum diketahui.

"Hasil pemeriksaan visual, mamalia yang terdampar diduga jenis paus bryde atau paus edeni (Balaenoptera brydei), ditemukan dengan kode 3, ukuran panjang 11 meter dengan berat diperkirakan kurang lebih dua ton," ujarnya. (awt/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral