ratusan WNA sering berulah, Pemerintah Bali gelar rapat evaluasi.
Sumber :
  • tim tvone - aris wiyanto

Ratusan WNA Langgar Lalu Lintas dan Kena Pidana, Pemerintah Bali Gelar Rapat Evaluasi, Ini Hasilnya

Selasa, 9 Mei 2023 - 12:32 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace menggelar rapat evaluasi tata kelola pariwisata. Rapat berlangsung di Ruang Praja Sabha Kantor Gubernur Bali, Senin (8/5).

Dalam rapat itu melibatkan Polda Bali, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, dan stekholder lainnya.

Wagub Cok Ace menyampaikan, bahwa situasi kepariwisataan Bali mendapat perhatian serius Gubernur Bali, Wayan Koster. Dirinya sempat berbincang dengan gubernur membahas maraknya ulah Warga Negara Asing (WNA) yang kemudian viral di media sosial dalam beberapa minggu terakhir. Menindaklanjuti situasi itu, pemerintah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pariwisata dan telah melakukan tugas di lapangan. 

Menurut Wagub Cok Ace, setelah satgas bergerak dan intens melakukan penertiban, dari pengamatan mata, pelanggaran oleh WNA sejatinya sudah jauh berkurang. 

"Contohnya pelanggaran lalu lintas, saya amati di objek wisata seperti Ubud sudah jauh berkurang. Saya lihat mulai tertib," kata Cok Ace.

Namun, karena berpacu dengan cepatnya informasi yang berkembang di media sosial, usaha yang dilakukan satgas seolah belum membuahkan hasil alias tak ada perubahan. Menurutnya, hal ini perlu disikapi serius agar cepat tuntas dan tak menimbulkan rasa antipati masyarakat terhadap wisatawan. 

Lebih jauh ia menegaskan, penertiban terhadap WNA mesti ditekankan pada sejumlah bidang, yaitu perilaku tertib di jalan raya, kepatuhan pada norma serta adat istiadat, pelanggaran izin tinggal dan penyalahgunaan narkoba. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:09
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
Viral