Arsip foto - Kapal berlayar di perairan Selat Badung diamati di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Rabu (10/5/2023).
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Bali, BMKG: Ketinggian Capai Enam Meter

Minggu, 2 Juli 2023 - 10:42 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Potensi gelombang tinggi di perairan selatan Bali yang mencapai enam meter, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar meminta nelayan mewaspadai gelombang tinggi tersebut yang diperkirakan akan terjadi hingga Rabu (5/7/2023).

“Ketinggian gelombang itu termasuk kategori sangat tinggi,” kata Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Minggu.

Potensi tinggi gelombang yang terjadi di perairan Bali juga dipicu oleh kecepatan angin di wilayah itu diperkirakan hingga 20 knot atau 37 kilometer per jam yang bertiup dari tenggara-selatan.

Selain di perairan selatan Bali, sejumlah perairan di Pulau Dewata lainnya juga tergolong tinggi yakni di Selat Bali bagian utara dengan ketinggian gelombang laut diperkirakan hingga 2,5 meter. Sedangkan Selat Bali bagian selatan diperkirakan hingga empat meter, begitu juga perairan Selat Badung dan Selat Lombok bagian selatan juga diperkirakan empat meter.

Ada pun rata-rata kecepatan di perairan itu diperkirakan hingga 15 knot atau 27 kilometer per jam yang bertiup dari tenggara-selatan.

Ada pun kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar, menurut BMKG yakni perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral