Arsip foto - Warga menikmati suasana pantai dengan ombak cukup tinggi di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu (14/5/2023).
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Waspada! 24 Pantai di Bali Alami Banjir Rob, Catat Tanggalnya

Senin, 31 Juli 2023 - 08:22 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar meminta masyarakat yang berada di 24 pantai di Bali untuk mewaspadai potensi banjir pesisir atau rob.

"Kami imbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga potensi banjir pesisir,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Bali I Nyoman Gede Wiryajaya di Denpasar, Senin.

Menurut pengamatan BMKG, fenomena fase bulan purnama dan jarak terdekat bulan ke bumi (perigee) menjadikan banjir Rob di wilayah Bali terjadi. Fenomena bulan purnama terjadi pada Selasa (1/8/2023) dan perigee pada Rabu (2/8/2023) yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Namun, BMKG tidak memberikan detail berapa perkiraan ketinggian air laut maksimum dari potensi banjir pesisir itu.

Diperkirakan Banjir Rob atau banjir pesisir akan terjadi pada pada 4-5 Agustus 2023 mendatang.

Menurut I Nyoman Gede Wiryajaya, potensi banjir Rob akan berbeda waktunya baik hari dan jam di tiap wilayah.

Berdasarkan pantauan data level air dan prediksi pasang surut, sebanyak 24 wilayah pesisir Bali yang berpotensi terjadi rob, di antaranya Kabupaten Tabanan tersebar di Pantai Soka, Pantai Pasut, Pantai Kelanting, Pantai Yeh Gangga, Pantai Kedungu, dan Pantai Tanah Lot.

Kemudian, di Kabupaten Badung diperkirakan di Pantai Batu Bolong, Pantai Seminyak, Pantai Kuta, Pantai Jerman, Pantai Balangan, Pantai Padang-padang, Pantai Nuggalan, Pantai Pandawa, dan Pantai Nusa Dua. Selanjutnya, di Kota Denpasar, yakni Pantai Sanur, Sindu dan Pantai Serangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral