Pelaku perusakan Pura Goa Raja Besakih.
Sumber :
  • aris wiyanto

Turis Wanita Korea Selatan Mengamuk dan Rusak Pura Goa Raja Besakih, Mengaku Dapat Bisikan Gaib

Rabu, 9 Agustus 2023 - 08:30 WIB

Karangasem, tvOnenews.com - Seorang perempuan Warga Negara Asing (WNA), asal Korea Selatan yang mengaku bernama Mrs Young (41) melakukan aksi perusakan di Pura Goa Raja yang berlokasi di Desa Raja Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Kapolres Karangasem AKBP Ricko AA Taruna mengatakan, bahwa pengerusakan itu terjadi pada Senin (7/8) sekitar 18.00 WITA.

"Telah menerima laporan dari masyarakat Desa Besakih bahwa telah terjadi pengrusakan di areal Pura Goa Raja Besakih yang dilakukan orang asing," kata AKBP Ricko, Selasa (8/8) malam.

Untuk barang yang dirusak di Pura Goa Raja adalah penganggen atau wastra Pelinggih Ida Sanghyang Naga Tiga, guci tiga buah, vas bunga empat buah, kotak sesari, pajeng lima buah, tempat tirta 10 buah, dan sanggah surya.

Sementara, kronologinya dari keterangan saksi atau warga, bahwa pada pukul 18.00 WITA ada beberapa orang akan melaksanakan giat persembahyangan di Pura Goa Raja Besakih, kemudian mereka berlari sambil berteriak meminta tolong kepada warga sekitar bahwa ada seorang wanita mengamuk dan merusak peralatan sembahyang yang ada di areal Pura Goa Raja Besakih.

Mendengar kejadian tersebut, warga menuju lokasi Pura Goa Raja dan sesampainya di lokasi, ada turis asing seorang perempuan yang sudah duduk di areal pelinggih. Namun, peralatan yang ada di sekitar sudah dalam keadaan berantakan. Setelah itu, warga berusaha membujuk warga asing tersebut agar ke tempatnya menginap. 

Kemudian, setelah di tempat dia menginap warga sempat berkomunikasi kepada Mrs Young kenapa sampai melakukan pengerusakan. Dan Mrs Young menyampaikan bahwa belum pernah sama sekali berkunjung ke Pura Besakih.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral