Gempa 7,4 Magnitudo.
Sumber :
  • alfani syukri

Gempa 7,4 Magnitudo, BPBD Bali Belum Temukan Kerusakan Bangunan 

Selasa, 29 Agustus 2023 - 11:06 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Gempa bumi dengan kekuatan 7,1 magnitudo terjadi di wilayah laut Jawa tepatnya di utara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada pukul 02.55 WIB dan terasa hingga ke Pulau Bali.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, I Made Rentin mengatakan, belum ada kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

"Semua BPBD kabupaten dan kota melaporkan bahwa merasakan getaran gempa. Tetapi sejauh ini belum ada dampak signifikan yang terjadi akibat gempa tersebut 
Tim sedang lakukan assessment dan menerima laporan dari masyarakat," kata Rentin.

Sementara, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono mengatakan, gempa terjadi di wilayah Laut Jawa atau di utara Lombok diguncang gempa tektonik. 

"Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 7,1, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 163 kilometer arah timur laut Lombok utara, NTB pada kedalaman 525 kilometer," kata Daryono, dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian, jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam atau deep focus akibat adanya aktivitas karena slab pull atau tarikan extensional lempeng Australia ke bawah pengaruh gaya gravitasi.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan kombinasi pergerakan mendatar turun atau oblique normal," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral