jalan amblas putus akses penghubung 2 Dusun di Gianyar, Bali.
Sumber :
  • tim tvone - alfani

Jalan Amblas Putus Akses Penghubung 2 Dusun di Gianyar, Bali

Senin, 25 September 2023 - 11:06 WIB

Gianyar, tvOnenews.com - Jalan akses di Kecamatan Tegalalang-Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, terputus. Jalan tersebut ambles sedalam 50 meter dengan lebar lebih dari 30 meter.

Selain menjadi akses jalur wisata di wilayah Desa Kedisan, Tegalalang, jalur tersebut juga menjadi akses masyarakat setempat untuk ke pasar maupun sekolah. 

Jalan aspal sepanjang 50 meter yang menghubungkan banjar cebok dengan Desa Kedisan di Kecamatan Tegalang, tergerus longsor dengan kedalaman 50 meter lebih. Akibatnya warga maupun wisatawan asing yang biasa melintas di daerah itu, harus memutar dan mencari jalan alternatif lain. 

Jalan dengan lebar 8 meter ini sudah mengalami longsor kecil di Bulan Desember 2021. Longsor kedua juga sempat terjadi Februari Maret awal tahun ini. Atas kejadian yang terjadi di jalan ini, warga sudah melaporkan ke Pemkab Gianyar, namun belum sempat dilakukan penanggulangan, kembali terjadi longsor ketiga pada pekan ini. Kejadian ini mengakibatkan putusnya akses jalan. 

Kabid Bina Marga PU Gianyar Made Astawiguna mengatakan longsornya jalan yang menghubungkan banjar cebok dan Desa Kedisan ini, diduga karena kondisi tanah labil.
 
"Kondisi tanah di sekitar longsor ini akibat tanahnya yang labil, mengingat adanya saluran irigasi di bawahnya," ujar Made. 

Sementara untuk menghindari jatuhnya korban jiwa, pihak kepolisian sektor Tegalalang Akp Anak Agung Alit Sudarma mengungkapkan, untuk saat ini pihaknya telah menutup akses jalan menuju lokasi tersebut.

"Pihak Polsek Tegalalang sejak Rabu kemarin menutup akses jalan, dan mengalihkan pelintas ke jalan utama," ungkap Sudarma. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:40
09:45
02:10
01:38
07:50
02:40
Viral