Kepala BNPT RI di Bali.
Sumber :
  • aris wiyanto

Peringatan Bom Bali, Kepala BNPT Sebut Terorisme di Indonesia Kini Ubah Pola ke Gerakan Bawah Tanah Sistematis

Jumat, 13 Oktober 2023 - 12:51 WIB

Badung, tvOnenews.com - Potensi serangan terorisme di Indonesia rupanya masih ada dam dibenarkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen. Pol. Rycko Amelza Dahniel.

Hal ini disampaikan Kepala BNPT usai mengikuti peringatan tragedi kemanusiaan Bom Bali yang berlangsung di Ground Zero atau Tugu Peringatan Bom Bali I di Jalan Legian, Kelurahan Kuta, Kabupaten Badung, pada Kamis (12/10) malam.

Komjen Rycko menerangkan, indikasi perubahan serangan terorisme terlihat selama tahun 2018 hingga 2023, dimana para terorisme merubah serangan mereka yang awalnya menggunakan serangan terbuka kini menggunakan serangan gerakan bawah tanah secara sistematis.

"Potensi ancaman itu selalu ada. Potensi ancaman serangan terbuka memang terus menurun saat ini, dari 2018 sampai 2023 ini, menurun terus. Tapi bukan artinya ancaman itu sudah tidak ada lagi," ujarnya.

"Ancaman itu, sekarang sudah lebih banyak berubah, dari serangan terbuka menjadi proses gerakan bawah tanah yang sistematis. Melakukan proses rekrutmen melalui radikalisasi secara online dan offline. Kemudian melakukan pengumpulan dana, memperkuat sel-sel seperti itu," lanjutnya.

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, yang harus dilakukan adalah  membangun 
public awareness atau kesadaran publik tentang bahaya dari ideologi radikalisme tersebut. 

"Yang saat ini sudah melakukan perubahan dari pola serangannya, dari serangan terbuka menjadi serangan bawah tanah. Kemudian keikutsertaan publik memahami, sehingga kita memiliki daya cegah, daya lawan, dan daya tangkal terhadap ideologi kekerasan ini, dari semua kalangan terutama generasi muda, para perempuan, anak-anak dan remaja," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral